SMK Negeri 1 Bantan terletak di Desa Bantan Timur (sebelumnya Desa Bantan Air) berjarak 30 km sebelah utara dari kota Kabupaten Bengkalis dan 15 km dari ibu kota Kecamatan Bantan. Lokasi SMK Negeri 1 Bantan berada di wilayah pesisir pantai Selat Melaka dan berhadapan langsung dengan negeri jiran Malaysia dan Singapura.

Penduduk yang mendiami sekitar lokasi SMK  Negeri 1 Bantan adalah masyarakat yang sebagiannya nelayan dan sebagian lagi berkebun dan bertani. Kondisi ini  sangat memungkinkan bagi anak mereka untuk mengembangkan  sumber daya alamnya dengan teknologi dan pengetahuan terkini (modern). Selama ini mereka dengan kondisi perekonomian menengah ke bawah sangat sulit untuk mendapatkan pendidikan di sekolah kejuruan yang mereka inginkan sesuai dengan sumber daya alam yang mereka miliki.

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Bantan (SMK Negeri 1 Bantan) berdiri pada tahun 2014  dengan SK Bupati Bengkalis Nomor : 102/KPTS/III/2014 tanggal 19 Maret 2014. Izin Operasionalnya berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis nomor: 019/ KPTS-DISDIK/I/2014 tanggal 2 Januari 2014. Dibuka mulai tahun pelajaran 2014/2015 dengan dua bidang keahlian, yaitu:

  1. Program Keahlian Perikanan. dengan Kompetensi Keahlian Agribisnis Perikanan Air Tawar
  2. Program Keahlian Agribisnis Tanaman. dengan Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura

Pilihan kedua bidang  keahlian tersebut disesuaikan dengan program pemerintah Kabupaten Bengkalis dan kondisi  serta kebutuhan masyarakat setempat yang sebagian masyarakat nelayan dan sebagian lagi masyarakat tani dan perkebunan.

Selain itu sumber daya alam yang tersedia pun sangat mendukung untuk  pengembangan program keahlian yang dipilih. Ke depan diharapkan SMK Negeri 1 Bantan dapat menciptakan  lulusan-lulusan yang profesional menengah dalam memenuhi lapangan kerja di bidangnya masing-masing.

Pada Tahun 2018, SMK Negeri 1 Bantan Membuka Kompetensi Keahlian Baru Yakni Teknik dan Bisnis Sepeda Motor atau lebih dikenal dengan Jurusan TBSM.

Dan selang beberapa tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2021. SMK Negeri 1 Bantan kembali membuka jurusan baru yakni Teknik Kendaraan Ringan Otomotif.

Jadi dengan ini SMK Negeri 1 Bantan Memiliki 4 Kompetensi Keahlian. Yakni :

  1. Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH)
  2. Agribisnis Perikanan AIr Tawar (APAT)
  3. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM)
  4. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO)