Info Sekolah
Selasa, 25 Jun 2024
  • Selamat Menjalan Ibadah Puasa Ramadhan 1445 H / 2024 Masehi
  • Selamat Menjalan Ibadah Puasa Ramadhan 1445 H / 2024 Masehi
13 November 2021

5 Langkah Mencegah Penyebaran Corona di Lingkungan Sekolah

Sab, 13 November 2021 Dibaca 220x Artikel

Mencegah penyebaran virus Corona di lingkungan sekolah penting dilakukan oleh semua warga sekolah demi keamanan dan keselamatan masing-masing pihak.

Nah, pada artikel kali ini akan menguraikan tentang beberapa langkah untuk mencegah virus Corona di lingkungan sekolah. Kira-kira, langkah apa sajakah yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah ? Simak dan catat baik-baik ya!

Pentingnya Pencegahan Covid-19 di Lingkungan Sekolah

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa hingga saat ini virus Corona masih bertebaran di wilayah Indonesia. Sudah lebih dari ribuan puluh nyawa yang terenggut akibat penyakit Covid-19. Maka tak heran jika banyak orang yang panik dnegan keberadaan virus mematikan satu ini.

Lantas, bagaimana sepatutnya menghadapi kepanikan akan satu kasus penting satu ini ? Nah, sebagai pendidik sekolah yang menjadi panutan bagi setiap peserta didiknya, hendaknya memberi teladan yang baik dalam hal menyikapi penyebaran Covid-19. Bapak/Ibu guru harus mulai memikirkan upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-10 di area sekolah.

Mengapa demikian ? Sebab, sekolah sebagai tempat berinteraksi antar pengajar dan pelajar ini sudah sepatutnya melalukan antisipasi penyebaran virus Corona. Surat edaran tentang pencegahan Covid-19 yang dikeluarkan oleh Kemendikbud penting diperhatikan oleh semua pihak. Berikut 5 langkah pencegahan yang bisa dilakukan oleh tenaga pendidik demi terciptanya lingkungan sekolah yang aman.

1. Mencuci Tangan dengan Benar

Pencegahan virus Corona yang paling sederhana dan praktis dilakukan yaitu dengan merutinkan cuci tangan. Langkah awal dari penyebaran virus ini perlu dipraktekkan dengan benar. Bapak/Ibu guru sebaiknya melakukan koordinasi dengan petugas kebersihan sekolah terkait pengadaan sabun untuk cuci tangan.

Selain itu, hendaknya Bapak/Ibu guru selalu menghimbau kepada para peserta didik untuk lebih sering membersihkan tangan dengan mencuci menggunakan sabun yang telah disediakan. Hal ini mengingat para siswa yang terkadang lupa mencuci tangan selepas melakukan kegiatan belajar di dalam kelas.

2. Membersihkan Ruangan dan Lingkungan Sekitar

Apabila rutinitas piket yang diakan setiap kelas sudah dilakukan dengan ruitn setiap pagi atau setelah kegiatan belajar mengajar, maka tidak ada salahnya Bapak/Ibu guru mengadakan jadwak kerja bakti untuk semua kelas.

Para siswa bisa bersama-sama kerja bakti membersihkan ruangan kelas, lorong depan kelas, lingkungan skitar seperti halaman sekolah dan lainnya. Kegiatan kerja bakti dapat dilangsungkan selama 15-30 menit.

3. Memberikan Kelonggaran Terkait Izin Tidak Hadir

Jika sebelum pandemi Covid-19 aturan izin tidak masuk sekolah diperketat, maka dengan adanya covid-19 ini diharapkan untuk melonggarkan aturan yang berlaku. Bagi warga sekolah yang yang memiliki gejala umum Covid-10 seperti demam, batuk, pilek dan flu maka diberi izin tidak hadir dengan tetap melampirkan surat izin dari dokter jika memang diperlukan.

4. Menunda Kegiatan Belajar Mengajar di Luar Ruangan

Langkah pencegahan Corona di area sekolah berikutnya yaitu dengan menunda semua kegiatan belajar mengajar yang diadakan di luar ruangan, dimana pelaksanaan tersebut mengumpulkan banyak orang. Misalnya, kegiatan study tour, belajar di perpustakaan umum dan lain sebagainya.

5. Melakukan Koordinasi dengan Dinas Kesehatan

Pihak sekolah juga sebaiknya melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan atau pelayanan kesehatan setempat. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya peneybaran virus Corona. Apabila ada warga sekolah yang tiba-tiba mengalami gejela umum Covid-19, maka bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan cepat.

Nah, demikianlah 5 langkah cegah Corona di lingkungan sekolah yang wajib diterapkan oleh semua pihak yang berada di area sekolah. Semoga dengan pencegahan virus Corona diatas dapat meminimalisir penyebaran virus sehingga bisa melangsungkan kegiatan belajar mengajar dengan tenang, aman dan nyaman.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar