Cara Mengecek Penerima PIP dengan Mudah

PIP atau Program Indonesia Pintar merupakan program pemerintah yang bertujuan memberikan bantuan kepada siswa kurang mampu. Tidak semua siswa mendapatkan bantuan PIP ini sehingga Anda harus tahu cara mengecek penerima PIP untuk memastikannya.

Bantuan PIP ini disalurkan dalam bentuk bantuan uang tunai setiap semesternya. Persebaran dana PIP ini menjangkau siswa SD, SMP,SMA/sederajat. Umumnya, siswa yang mendapat bantuan ini ialah pemegang KIP (Kartu Indonesia Pintar).

Program Indonesia Pintar

Sebelum membahas mengenai cara mengecek penerima PIP, maka akan dibahas lebih dulu mengenai PIP sendiri. PIP ialah singkatan dari Program Indonesia Pintar yang diberikan oleh pemerintah dan ditujukan kepada siswa atau peserta didik.

Program ini diberikan oleh Pemerintah berupa uang tunai, keperluan akses, ataupun kesempatan belajar kepada peserta didik dan mahasiswa. Sasaran utama dari program ini adalah peserta didik yang berasal dari keluarga miskin ataupun keluarga rentan miskin.

Tujuannya, agar pendidikan di Indonesia lebih merata dan mengentaskan kemiskinan. Oleh karena itu, pemerintah berupaya memberikan pembiayaan pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP). Tentu saja hal ini juga sejalan dengan cita-cita negara yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pemanfaatan Dana PIP

Pemanfaatan dana PIP ini ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan peserta didik. Bisa digunakan untuk pembiayaan praktik di sekolah, uji kompetensi, biaya transportasi, dan sebagainya. Dana PIP ini juga bisa digunakan untuk membeli peralatan sekolah.

Walaupun tidak dikhususnya secara spesifik, namun dana ini memang harus digunakan semestinya. Dengan kata lain, dana ini disalurkan untuk kebutuhan pendidikan bagi peserta didik sehingga sebisa mungkin tidak disalahgunakan.

Cara Mengecek Penerima PIP di Kemdikbud

Apabila Anda adalah pemegang kartu KIP dan berasal dari keluarga miskin ataupun rentan miskin, maka Anda berpeluang mendapatkan penyaluran bantuan ini.

Agar dapat mengecek pencairan PIP, siswa dapat melakukan cara mengecek penerima PIP dan melakukan pencarian PIP secara mandiri berikut ini:

1. Mengecek Penerima PIP

Pastinya banyak masyarakat yang bertanya-tanya mengenai PIP kapan cair. Untuk itu, siswa harus mengetahui cara mengecek penerima PIP. Apakah namanya tercantum sebagai salah satu penerima PIP atau tidak.

Sebenarnya, cara untuk mengetahui penerima Pip ini cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Peserta didik atau orang tua bisa mengakses halaman resmi https://pip.kemdikbud.go.id/home
  2. Siapkan data yang dibutuhkan seperti Nomor Induk Sekolah Nasional (NISN), tanggal lahir dari peserta didik, serta nama ibu kandung
  3. Setelah halaman Kemendikbud mengenai penerima Program Indonesia Pintar terbuka, maka akan terpampang tiga kolom.
  4. Isilah kolom tersebut sesuai dengan data-data yang telah Anda persiapkan
  5. Isilah data tersebut dengan benar dan valid
  6. Klik tombol cari
  7. Jendela laman akan menunjukkan apakah pemilik nama tersebut berstatus sebagai penerima PIP atau tidak.

Itulah cara mengecek penerima PIP. Caranya sangat sederhana dimana Anda bisa mengeceknya dengan smartphone ataupun laptop selama ada akses internet. Pastikan juga untuk mengisi kolom data dengan teliti.

2. Cara Pencairan PIP

Setelah cek PIP dan terdaftar sebagai penerima dana bantuan tersebut, maka siswa bisa melakukan pencairan PIP. Cara pencairan PIP ini juga terbilang mudah. Anda hanya perlu membawa dokumen berupa KIP dan dokumen pendukung lain

Pastikan kartu KIP dan dokumen tersebut bisa mendukung kevalidan akan kepemilikan kartu tersebut. Secara lebih lengkapnya, berikut adalah cara pencairan dana PIP yang bisa Anda coba:

  1. Siapkan kartu KIP (Kartu Indonesia Pintar) baik foto copy ataupun kartu asli;
  2. Siapkan dokumen pendukung seperti akta kelahiran, kartu keluarga dan dokumen pendukung lainnya;
  3. Peserta didik ataupun orang tua dapat mengambil dana PIP di bank penyalur terdekat yang telah ditetapkan oleh pemerintah pada setiap daerah
  4. Peserta didik atau orang tua mengurus penyairan di bank terdekat dengan mengikuti persyaratan yang berlaku.
  5. Selesai, dana PIP pun dapat dicairkan.

Nah, itulah cara pencairan PIP secara mandiri. Jika nama siswa terdaftar sebagai penerima PIP pada catatan jendela.kemdikbud.go.id, maka bisa dipastikan nama tersebut berhak mendapatkan bantuan PIP.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa cara mengecek penerima PIP bisa dilakukan dengan mudah. Siswa ataupun orang tua bisa memastikannya daftar penerima melalui website kemendikbud. Pencairan dana PIP tergolong mudah dan bisa dilakukan mandiri oleh peserta didik. Baca informasi seputar pendidikan lainnya, hanya di blog SMKN 1 Bantan.

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Lainnya

Ayo Sukseskan Tracer Study SMK 2022
Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Vokasi kembali menyele...
Cara Cek INFO GTK Semester Ganji...
Cara Cek Info GTK - Info GTK merupakan website yang disediakan...
Cara Mengecek Penerima PIP denga...
PIP atau Program Indonesia Pintar merupakan program pemerintah...
Cara Jadi PNS Lulusan SMK
Dari dahulu hingga saat ini, menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS...
Perbedaan Pendidikan Formal dan ...
eSeperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa saat ini, pend...
Apakah Magang Termasuk Pengalama...
Pertanyaan yang sering mucul dari mahasiswa salah satunya apak...

Hubungi kami di : 081365765230

Kirim email ke kamibantansmkn1@gmail.com