Apakah Magang Termasuk Pengalaman Kerja

Pertanyaan yang sering mucul dari mahasiswa salah satunya apakah magang termasuk pengalaman kerja?. Tentunya Anda kan mendapat banyak pengalman kerja dan juga relasi ketika mengikuti kegiatan magang.

Pengertian Magang

Sebelum membahas tentang apakah magang termasuk pengalaman kerja, Anda harus mengetahui terlebih dahulu pengertian dari magang ini.

Apakah PKL dan magang itu sama? Magang merupakan salah satu bentuk Praktik Kerja Lapangan (PKL). Kegiatan ini dilakukan di berbagai tempat resmi sesuai dengan bidang dan keahlian masing-masing mahasiswa.

Apakah magang termasuk pengalaman kerja? Ya, tentu saja Anda akan mendapat pengalaman kerja ketika mengikuti kegiatan magang. Selama magang, mahasiswa dapat menerapkan ilmu dan teori yang tleh dipelajari selama perkuliahan.

Magang Membuka Wawasan Mahasiswa

Banyak wawasan serta ilmu baru yang akan didapat selama mengikuti kegiatan magang. Bahkan biasa saja mahasiswa mendapatkan ilmu baru yang tidak dipelajari Selama di perkulihan.

Misalnya saja selama magang mahasiswa akan belajar tentang pembagian tugas pada setiap divisi perusahaa, kebutuhan skill atau kompetensi dalam bidang tertentu dan keterlibatan di proyek perusahaan.

Manfaat Magang bagi Mahasiswa

Ada banyak manfaat yang diperoleh mahasiswa selama mengikuti kegiatan magang. Berikut manfaat magang bagi mahasiswa:

1. Memperluas Relasi

Ketika sudah mengikuti kegiatan magang, Anda tentunya sudah bisa menjawab apkah magang termasuk pengalaman kerja. Memiliki relasi yang luas merupakan salah satu hal penting dalam dunia pekerjaan.

Dengan mengikuti kegiatan magang, tentunya Anda akan bertemu dengan banyak orang dengan latar belakang yang berbeda-beda. Bukan hanya relasi dengan perusahaan, namun juga relasi antar kampus. Biasanya ada beberapa kampus yang magang di perusahaan yang sama.

2. Menambah Nilai dalam Diri

Kulifikasi dalam dunia pekerjaan yang tinggi mengharuskan setiap mahasiswa mengasah kemampuan yang dimiliki. Apakah magang termasuk pengalaman kerja? Tentu saja. Anda tidak hanya memiliki pengalaman kerja, namun juga menambah kualitas diri.

Selama magang tentunya Anda akan mendapatkan tugas baru yang mungkin belum pernah Anda temui. Tugas tersebut akan semakin menambah kemampuan dan kualitas dalam diri Anda.

3. Mendapatkan Peluang Pekerjaan

Apakah magang bisa jadi karyawan? Dengan mengikuti magang, tidak menutup kemungkinan Anda bisa mendapatkan peluang pekerjaan tempat Anda magang. Terlebih jika Anda memiliki kemampuan dan skill yang baik dan dibutuhkan perusahaan.

Apakah magang dibayar? Berdasarkan peraturan menteri dijelaskan bahwa karyawan magang berhak mendapatkan uang saku, meliputi biaya transportasi, uang makan hingga uang intensif.

Setelah membahas tentang apakah magang termasuk pengalaman kerja, selanjutnya Anda perlu mengetahui tips menulis pengalaman kerja di CV bagi Anda yang baru lulus, atau frest graduate.

Tips Menulis Pengalaman Kerja di CV Bagi Frest Graduate

Salah satu yang menjadi pertimbangan utama dari perusahaan untuk merekrut karyawan adalah adanya pengalman kerja. Bagaimana cara menulis pengalman kerja bagi yang baru lulus?

Semua kegiatan yang pernah Anda lakukan dan sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar dapat dijadikan sebagai pengalaman kerja. Berikut pengalaman-pengalaman yang bisa Anda masukkan sebagai pengalaman kerja di CV:

1. Pengalaman Magang atau KKN

Selama perkulihan, setiap mahasiswa tentu pernah mengikuri kegiatan magang ataupun KKN. Anda bisa mencantumkan KKN dan pengalaman kerja magang di CV. Kedua kegiatan tersebut dapat dijadikan sebagai pengalaman kerja.

Pengalaman magang dan KKN ini berharga terutama pengalaman yang telah didapat ini sesuai dengan bidang pekerjaan yang akan dilamar.

2. Usaha Sendiri atau Keluarga

Bagi seorang fresh graduate, Anda bisa memasukkan usaha Anda sediri ataupun usaha yang dikelola bersama keluarga sebagai pengalaman kerja di CV. Namun pastikan, pengalman Anda ini sesuai dengan bidang yang akan Anda lamar nantinya.

3. Kegiatan Sosial

Menajdi orang yang aktif dalam kegiatan sosial menjadi nilai plus bagi seorang pelamar kerja. Kegiatan ini bisa melatih soft skill, seperti jiwa kepemimpinan, tanggung jawab, dan lain sebagainya.

4. Pengalaman Organisasi

Bagi Anda yang aktif berorganisasi selama kuliah, Anda bisa memasukkan pengalaman organisasi ini pada CV Anda.

Perlu diingat bahwa pastikan Anda membuat CV yang menarik. Jangan lupa mencantumkan tugas singkat dari pengalman yang telah Anda miliki. Gunakan kalimat formal dan profesional dalam CV, dan tuntunya Anda harus jujur ketika menuliskan CV tersebut.

Demikian penjelasan SMKN 1 Bantan tentang apakah magang termasuk pengalaman kerja termasuk cara menuliskan CV bagi Anda yang baru lulus kuliah. Tidak ada salahnya mengikuti magang, selain memiliki pengalman kerja, wawasan Anda juga akan semakin bertambah.

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Lainnya

Ayo Sukseskan Tracer Study SMK 2022
Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Vokasi kembali menyele...
Cara Cek INFO GTK Semester Ganji...
Cara Cek Info GTK - Info GTK merupakan website yang disediakan...
Cara Mengecek Penerima PIP denga...
PIP atau Program Indonesia Pintar merupakan program pemerintah...
Cara Jadi PNS Lulusan SMK
Dari dahulu hingga saat ini, menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS...
Perbedaan Pendidikan Formal dan ...
eSeperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa saat ini, pend...
Apakah Magang Termasuk Pengalama...
Pertanyaan yang sering mucul dari mahasiswa salah satunya apak...

Hubungi kami di : 081365765230

Kirim email ke kamibantansmkn1@gmail.com