Apa Itu Pesantren Kilat? Tujuan dan Manfaatnya

Pesantren kilat atau disingkat dengan Sanlat menjadi salah satu kegiatan keagamaan yang rutin dilakukan setiap tahun oleh lembaga pendidikan, tepatnya pada bulan ramadhan. Tapi sebenarnya apa pengertian, tujuan dan manfaat dari kegiatan tersebut? lalu bagaimana rangkaian acaranya ?

Penjelasan lengkapnya akan dijabarkan di bawah ini. Jadi, simak sampai selesai ya…

Definisi Pesantren Kilat

Untuk mengenal apa pengertian pesantren kilat, pesantren kilat berasal dari dua susunan kata atau istilah, yakni pesantren dan kilat. Pesantren sendiri merupakan sebuah lembaga pendidikan keagamaan yang mengajarkan materi-materi berpedoman dari Al-Quran.

Sedangkan kilat bisa diartikan sebagai suatu aktivitas yang dilakukan dalam waktu yang singkat atau cepat. Jadi pesantren kilat adalah kegiatan keagamaan yang dilakukan secara singkat, dan dilakukan rutin di bulan ramadhan oleh lembaga pendidikan untuk memotivasi para peserta didik di lingkungan sekolah, dengan mengajarkan beberapa pelajaran penting. Bagi peserta didik yang beragama Islam, kegiatan ini wajib untuk diikuti.

Tujuan dan Manfaat Pesantren Kilat

Pesantren kilat ramadhan secara tidak langsung memberikan manfaat bagi para peserta didik ataupun para warga sekolah. Tujuan diadakannya kegiatan sanlat ini sendiri adalah agar menjadikan peserta didik lebih paham agama serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Jika dijabarkan, maka tujuan dari pesantren kilat ini adalah:

1. Meningkatkan Pemahaman Agama Islam

Pertama, peserta didik akan diberikan pemahaman, yang pada akhirnya akan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Ajaran-ajarannya sendiri adalah ajaran yang bisa menjadikan peserta didik lebih beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.

2. Memperdalam dan Memantapkan Ajaran Agama Islam

Kemudian tujuan berikutnya adalah agar peserta didik dapat mendalami, serta memantapkan ajaran agama Islam agar bisa menetap dan terpatri menjadi sebuah karakter dan kebiasaan. Ajarannya sendiri seperti mengenai keimanan, ibadah, akhlak dan materi Al-Qur’an.

3. Mengamalkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Lalu, terakhir menjadi tujuan yang terpenting, sanlat istilah yang cukup tepat diadakan agar peserta didik bisa memperdalam ajaran agama serta bisa menerapkan dan mengamalkannya dalam kehidupannya sehari-hari.

Ajaran-ajaran agama tentunya akan membentuk peserta didik menjadi manusia yang tangguh, tidak mudah terhasut pada hal-hal negatif, berpendirian teguh serta mampu menghadapi tantangan.

Lalu manfaat pesantren kilat sendiri tidak jauh berbeda dari tujuan di atas. Manfaatnya antara lain adalah menjadikan peserta didik menjadi pribadi yang lebih religius, dengan kehidupan yang lebih tertata.

Contoh Kegiatan Pesantren Kilat

Banyak yang penasaran berapa lama kegiatan keagamaan ini dilaksanakan. Pesantren kilat di SD, SMP/MTs, SMA/SMK biasanya dilakukan dalam jangka waktu 1 – 2 Minggu (Sesuai Kebijakan masing-masing sekolah)

Biaya pesantren kilat yang dilakukan di SD, SMP,MTS,SMA/SMK biasanya tidak dipungut biaya. Peserta didik hanya diharuskan untuk berangkat dan menyimak materi yang diajarkan. Sedangkan untuk umum biayanya menyesuaikan penyelenggaranya.

Nah, materi pesantren kilat adalah berisi materi-materi keagamaan seperti Belajar Baca Tulis Qur’an, Murajaah Hafalan Al-Qur’an, mempelajari tentang Aqidah dan Akhlak, Shalat Dhuha, Materi Ramadhan, Hafalan Hadits, Hafalan Do’a, Praktek Sholat hari raya Idul Fitri, Cerita Islami, dan kegiatan lainnya.

Kegiatan-kegiatan di atas biasanya bisa disesuaikan oleh masing-masing sekolah atau penyelenggaranya. Usahakan kegiatan sanlat ini dilakukan seasik dan semenarik mungkin agar peserta didik tidak merasa bosan.

 

Baca Juga Artikel : Cara Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Berpuasa

 

Nilai-Nilai yang Diperoleh dari Sanlat

Sanlat diselenggarakan oleh sekolah ataupun dari luar yang ditujukan untuk masyarakat umum. Ada juga yang melakukannya via daring yang sangat mungkin terjadi pada masa sekarang ini dengan kecanggihan teknologi.

Semua bentuk pelaksanaan kegiatan ini tentunya memiliki tujuan yang sama, untuk mengisi kegiatan ramadhan dengan kegiatan keagamaan yang bermanfaat. Lalu, apa nilai-nilai yang bisa didapatkan dari kegiatan ini? Berikut uraiannya :

1. Suasana Kebersamaan

Nilai yang pertama, adalah nilai kebersamaan. Peserta didik akan dikumpulkan dalam satu ruangan (biasanya dimusholla/Aula) dan berinteraksi bersama dalam kebaikan. Tentunya para penyelenggara juga akan menerapkan strategi yang tidak membosankan.

Apalagi jika acara ini dilakukan di sekolah, yang peserta didiknya masih merupakan anak-anak kecil yang tidak bisa diam terlalu lama.

2. Kesederhanaan

Lalu ada nilai kesederhanaan, kegiatan sanlat ini akan membentuk peserta didik menjadi manusia yang sederhana, suka bersosialisasi serta bermanfaat bagi banyak orang. Peserta didik akan diajarkan untuk hidup sederhana, dengan lebih banyak berbagi dengan orang lain.

3. Pengetahuan Keagamaan

Terakhir, seperti yang sudah dibahas pada penjelasan awal, sanlat akan berguna untuk peningkatan pengetahuan keagamaan peserta didik. Peserta didik akan diajarkan banyak hal, baik secara teoritis maupun prakteknya.

Jadi, sudah paham dengan penjelasan di atas? Semoga informasi di atas bermanfaat ya

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Lainnya

Ayo Sukseskan Tracer Study SMK 2022
Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Vokasi kembali menyele...
Cara Cek INFO GTK Semester Ganji...
Cara Cek Info GTK - Info GTK merupakan website yang disediakan...
Cara Mengecek Penerima PIP denga...
PIP atau Program Indonesia Pintar merupakan program pemerintah...
Cara Jadi PNS Lulusan SMK
Dari dahulu hingga saat ini, menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS...
Perbedaan Pendidikan Formal dan ...
eSeperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa saat ini, pend...
Apakah Magang Termasuk Pengalama...
Pertanyaan yang sering mucul dari mahasiswa salah satunya apak...

Hubungi kami di : 081365765230

Kirim email ke kamibantansmkn1@gmail.com